Kota Depok – Jasa Translate

Kota Depok Merupakan sebuah kota besar yang ada di Pulau Jawa, Indonesia. Tepatnya di Jawa Bagian Barat, masuk provinsi Jawa Barat. Posisi kota depok tepat beradai di Selatan Jakarta, yakni antara Jakarta dan Bogor.

Sebelum menjadi kota, Depok merupakan salah satu kota kecamatan dalam wilayah Kabupaten Bogor, yang selanjutnya berubah status menjadi kota administratif pada tahun 1982. Kemudian pada tahun 1999, tepatnya 20 April 1999, Depok ditetapkan menjadi Kotamadya yang berpisan dari Kabupaten Bogor. Tak lama setelah itu menjadi Kota. Sekarang Kota Depok terdiri atas Kecamatan, yang terdiri dari 63 kelurahan.

Kota Depok terkenal sebagai kota penyangga Jakarta. Pada saat masih menjadi kota administratif pada tahun 1982, jumlah penduduk pada saat itu masih 240.000 jiwa, saat menjadi kotamadya pada tahun 1999 penduduknya 1,2 juta jiwa. Universitas Indonesia atau yang lebih dikenal dengan sebutan UI berada di wilayah kota Depok Ini.

Sejarah Nama Depok, nama depok itu merupakan nama pemberian dari orang pribumi sendiri. Kata Depok sendiri itu adalah nama asli bukan singkatan. Pada masa kerajaan Padjajaran (1030-1579), masyarakat sering menyebut wilayah Depok dengan DEPROK (duduk santai ala melayu). Penamaan tersebut tidak lepas dari kripak Prabu Siliwangi. Pada saat itu Prabu Siliwangi dalam perjalanan singgah di kawasan Beji. Prabu Siliwangi terpukau dengan Keindahan dan Keasrian Depok pada saat itu, sehingga Prabu Siliwangi men-deprok di kawasan yang tidak jauh dari Sungai Ciliwung.

Di Lain pihak, pada saat masa Kesultanan Banten, Sultan Ageng Tirtayasa dan Pangeran Purba Sering melakukan perjalanan ke Cirebon dengan menggunakan jalur yang melintasi kawasan Depok, dan beliau pernah menetap di Beji. Salah satu bawahan Pangeran Purba yang bernama Embah Raden Wujud memutuskan menetap di di Depok dan mendirikan  PADEPOKAN (Tempat pendidikan dan pelatihan) untuk menyebarkan agama Islam.

Padepokan yang dibangun bawahan Pangeran Purba tersebut berkembang menjadi sebuah perkampungan, sehingga Kesultanan Banten menyebut sebagai DEPOK atau PADEPOKAN pada saat itu.

Kata padepokan dapat diartikan sebagai tempat tinggal atau halaman. Kata Padepokan juga dapat diartikan sebagai tempat pendidikan, seperti Pesantren.

Kata Abraham van Riebeek (1730) yang pernah melakukan Expedisi, Abrahan van Riebeek menjelaskan kata Depok bukanlah dari Bahasa Asing. Tapi lebih memungkinkan Bahasa Sunda dan Jawa. Dalam Bahasa Sunda berarti Duduk.

Pada sekitar tahun 1980 an, masyarakat modern Depok memberi jabaran bahwa Depok menjadi Daerah Elit Pemukiman Orang Kaya. Banyak yang menjabarkan terkait akronim kata Depok, namun jika melihat sejarah. Depok merupakan kata asli Depok yang bermakna Kampung Halaman.

Untuk membantu Para Mahasiswa ataupun Orang Depok untuk menterjemahkan dokumennya kami berinisiatif mendirikan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang  jasa terjemah Depok yang menawarkan berbagai jenis Jasa terjemah tersumpah, Jasa terjemah SOP, Jasa terjemah Inggris – Indonesia, jasa alih Bahasa, jasa interpreter, Jasa weblocalizing, jasa transate manual book dll.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
WhatsApp WhatsApp Kami